BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 21 Maret 2010

Tips & Trik Latihan Teknik Pernapasan Diafragma

Dalam bermain musik (khususnya) alat musik horn, dibutuhkan teknik pernapasan yang baik.
Untuk dapat melatih pernapasan dengan diafragma diperlukan latihan yang tekun dan niat yang tinggi serta keseriusan.
Berikut latihan yang anda bisa lakukan diberbagai kesempatan.

Otot Diafragma adalah otot yg berada di bawah paru2 dan diatas perut (usus), persisnya di bawah tulang rusuk melingkar sampai ke depan (di bawah ulu hati). Kalau kita sedang tertawa atau batuk, maka otot2 diafragma inilah yg mensupport dorongan nafas dari paru2.

1) Untuk melatihnya, coba kembangkan otot diafragma sambil ambil nafas dari mulut seperti sedang menguap, tahan 3 hitungan, lalu ucapkan satu (1) sampai sepuluh (10) sambil menahan otot diafragma tetep mengembang. Usahakan otot2 di seputer leher rilex tidak tegang dan dalam mengucapkan bilangan satu s/d sepuluh tetap santai seperti berbicara sehari2 (tidak ngeden). Setelah hitungan ke sepuluh rilexkan/kendurkan otot diafragma dan ambil nafas seperti biasa lalu buang nafas.

2) Kemudian coba lagi ambil nafas dari mulut seperti sedang menguap sambil kembangkan otot diafragma (rusuk ikut mengembang), tahan 3 hitungan, lalu bunyikan "ssss ..." sampaii nafas habis otot diafragma diusahakan tetap mengembang. Setelah itu kendurkan otot diafragma dan ambil nafas seperti biasa lalu buang nafas.

3) Coba ambil nafas seperti di atas, lalu keluarkan/tiupkan bunyi "sss", "sss", 'sss" ... (staccato) dengan cara memompa bersamaan dengan mengembangnya otot diafragma. Setelah itu relax dan ambil nafas santai seperti di atas.

4) Ambil nafas dari mulut sambil kembangkan otot diafragma, lalu keluarkan sambil kempiskan otot diafragma. Lakukan dengan tempo semakin cepat sampai seperti anjing sedang ngos2an.

5) Hitung dalam hati 3 hitungan, lalu bunyikan/tiupkan sekeras2nya dengan bunyi "sysysysysy ... " (seperti pada kata 'syair') dengan dorongan dari otot diafragma. Otot2 leher tidak boleh ikut tegang (bisa dibantu dengan posisi kepala menunduk supaya otot leher tidak tegang)


Upayakan selama latihan jauhi makanan yang berminyak (gorengan) serta hindari makanan yang terlalu pedas dan juga minuman yang terlalu dingin dan terlalu manis.
Minum air putih (yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin) sesering mungkin.
Selamat mencoba

0 komentar: